Pentingnya Membuat New Project dan Men-Set Project di Autodesk Maya

Project adalah cara maya dalam mengatur scene (artwork kita). Sebuah file dan folder menyimpan file yang diorganisasikan menurut project. Didalam projek folder banyak file folder yang menangani sebuah projek file. Yang terpenting dari itu semua adalah Scene (projek 3d yang kita buat) dan images folders (menyimpan gambar-gambar yang diperlukan objek 3d yang kita buat), Scene menyimpan scene file yang mana mengandung semua informasi dari scene yang telah dibuat.

Membuat projek baru sangat penting karena jika kita bekerja dalam sebuah studio animasi dan bekerja secara team dengan orang lain, yang kita organisasikan bukan hanya scene, tapi juga informasi dari seluruh scene yang telah dibuat terdapat dalam projek file. Jika kita tidak menset projek, maka siap-siap kita akan disalahkan oleh team, karena sebuah scene yang acak-acakan yang tidak terorganisir dengan baik.

Cara Membuat Projek Baru Dalam Autodesk Maya

  1. Pilih File > Projek Window (untuk membuka projek window) > Klik New > Masukkan judul dari projek yang akan dibuat.
  2. Location (Pilih dimana lokasi projek yang akan kita buat).
  3. Klik Accept untuk membuat projek baru.

Cara Men-Set Project di Autodesk Maya

Set diperlukan ketika akan membuka sebuah projek dari scene yang berasal dari orang lain ataupun projek kita sendiri, dimana secara otomatis material ataupun informasi dari sebuah scene bisa diload secara sempurna. Serta ketika kita ingin membuka scene tidak perlu browse lagi, secara otomatis ketika kita membuka open, menuju pada scene folder.
  1. Klik File > Set Project…
  2. (A)Cari dimana folder yang akan diset (folder berisi assets, autosave, cache, clips, data, images, movies, renderData, scenes, scripts, sound, sourceimages) > (B) Klik Foldernya > (C) Klik Set.

Semoga bermanfaat ^_^

0 Response to "Pentingnya Membuat New Project dan Men-Set Project di Autodesk Maya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel