Tutorial Membuat Simulasi Bendera Berkibar 3D Dengan Autodesk Maya

Dalam membuat sebuah simulasi didalam software maya digunakan isilah N, contohnya adalah nDynamic, nHair (untuk simulasi rambut), nCloth (untuk simulasi pakaian), nParticle (simulasi pembuatan partikel) dan lain-lain, kita dapat menggunakan point, ball, cloud, thinkcloud, dan water sebagai simulasi dari projek kita sebelum rendering).

Pada tutorial kali ini kita akan menggunakan nCloth, karena yang kita simulasikan adalah bendera yang terbuat dari kain atau sama halnya dengan pakaian.

1. Membuat Bendera dengan Plane

Agar plane langsung berada ditengah ketika dibuat, jangan lupa hilangan ceklis pada Interactive Creation, caranya Create>Polygon Primitive> (hilangan ceklis interactive creation), seperti gambar dibawah ini.


Selanjutnya buat Plane dengan cara Create>Polygon Primitive>Plane atau klik gambar plene pada tab menu polygon   

=> Rotasi plane pada sumbu z 90derajat, kemudian atur perbesaran / scale x=1.4, z=2, dan pada polyplane1 atur subdiv width 30 dan height 50, maka hasilnya akan Nampak seperti gambar dibawah ini.


2. Buat Tiang Bendera

Create>polygon Primitive>cylinder, kemudian atur scale x=0.05, y=3, z=0.05. dan atur posisi tiang diatas grid dengan translate tool atau dengan mengguanakan tombol w di keyboard, dan hasilnya kira-kira akan seperti dibawah ini.


Kemudian Tempatkan bendera ditiang, seperti dibawah ini.


3. Menerapkan nCloth pada Bendera

Pada tahap ketiga ini kita akan menerapkan nDynamic pada objek bendera. Pertama pilih bendera, dalam posisi bendera ter select, pada menu nDynamic>pilih nMesh>Create nCloth.
Seperti gambar dibawah ini. 


Setelah itu pilih vertex pinggir pada bendera, caranya klik  kanan tahan > kemudian pilih vertex. Pilihlah vertex yang berada di sisi pinggir dekat dengan tiang. Seperti gambar di bawah ini



Note: Untuk memudahkan tekan tombol 4, untuk mengubah tampilan menjadi wireframe, tekan 5 untuk mengembalikan kembali.
Kemudian pada menu nConstraint > pilih Transform 

4. Menjadikan Tiang Sebagai Passive Collider

Pilih tiang(dalam posisi tiang ter-select)>nMesh(tetap pada menu nDynamic seperti yang sebelumnya) > Create Passive Collider.


5. Atur pada time slider menjadi 200 frame, kemudian tekan enter. Seperti gambar dibawah ini.

  

6. Mengatur Nucleus pada Bendera

yaitu dengan mensetting Air Density, Wind Speed, dan Wind Direction. Caranya pilih bendera, kemudian tekan Ctrl+A untuk memunculkan attribute editor. Pilih tabmenu nucleus, atur air density=10, wind speed=8, wind direction x=0, y=0, z=-1, dan wind noise=1 (agar arah angin tampak berubah-ubah)

7. Play pada time slider, maka akan tampak seperti bendera yang sedang berkibar.



Semoga Bermanfaat ^_^

0 Response to "Tutorial Membuat Simulasi Bendera Berkibar 3D Dengan Autodesk Maya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel