Tutorial Modelling Bentuk Spiral dengan Autodesk Maya (Peer, Shock Breker, Kabel Telepon)

Cara Modelling Spiral dengan Maya

1. Create > cv curve tool> option box (reset setting),  pada front view buat kurva, dimulai dari titik tengah dengan 5 grid diantara titik berikutnya, buat 6 titik kurva . note: jangan lupa tahan x ya ketika membuat kurva, agar kurva yang dibuat bias snap tepat di grid.


2. Buat Circle nurb, caranya create > nurb primitive > circle. Dengan kondisi nurb circle tadi terselect, shift select kurva . Pada meodelling menu set pilih surface > extrude. Sekarang terlihat lingkaran akan terextrude disepanjang kurva yang telah kita buat sebelumnya.

3. Geser nurb circle, pindahkan kira-kira 3 grid pada sumbu x. Pada circle output (chanel box) pada extude 1 node > atur use component pivot to component pivot dan pada user profil normal pilih off. Disini mungkin tidak aka nada perubahan, namun akan Nampak ada perubahan ketika kita akan menaikkan nilai rotasi. Coba setting rotasi 360, terlihat surface akan membuat spiral disekeliling kurva. Jika kita mencoba memindahkan circle disepanjang x axis akan Nampak posisinya akan meningkat pada spiral. Tetap pada posisi x=3.

4. Sekarang kita coba ubah nilai rotasi extrude manjadi 3500. Extrude surface akan berotasi di disekeliling kurva. Masalahnya adalah itu akan terlihat sedikit datar, untuk memperbaikinya kita harus merotasikan lingkaran 90 derajat pada sumbu x.
Sudah terlihat bentuk spiralnya kan.

5. Pada tahap berikutnya adalah kita bereksplorasi sendiri bentuk seperti apakah yang akan kita buat. Itu kita dapat lakukan dengan mudah dengan merubah settingan pada extrude 1 node, coba pindahakan, perbesar , dan rotasi nurbs circle untuk hasil yang berbeda
Tambahan: Untuk bentuk sebuah kabel telepon, coba scalling nurb (perbesar nurbs) sedikit kebawah, dan pindahkan dekat dengan kurva.
Selamat mencoba, somoga berhasil dan semoga artikel ini bermanfaat. Salam animasi. 😊

0 Response to "Tutorial Modelling Bentuk Spiral dengan Autodesk Maya (Peer, Shock Breker, Kabel Telepon)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel