Tutorial Simulasi Bola Jatuh Mengenai Kain Kemudian Robek Menggunakan Autodesk Maya

Kali ini kita masih belajar mengenai simulasi pada software maya, seperti tutorial sebelumnya kita menggunakan nDynamic. Yang akan kita buat kali ini adalah sebuah bola yang jatuh (kita menggunakan sphere) kemudian mengenai selembar kain (menggunakan plane) kemudian kain itu akan robek, dan kemudian bola jatuh.

1. Membuat Kain dengan Plane

Buat sebuah plane dengan perbesaran scale x=10, z=10, atur subdiv width=50, height 50. Kemudian geser plane tersebut keatas menggunakan move tool (w), kira kira seperti gambar dibawah ini hasilnya.

2. Membuat Bola dari Sphere

Buat bola dengan menggunakan sphere, kemudian letakkan bola ita diatas dari kain atau plane yang kita buat sebelumnya.

3. Menerapkan nCloth pada Plane

Caranya adalah dengan pilih plane, kemudian pada menu nMesh > create nCloth.

4. Menjadikan 4 vertex disudut dari kain atau plane sebagai titik konstan (tidak bergerak / tetap)

Mengapa diperlukan titik konstan, karena jika tidak maka kain juga akan jatuh mengikuti kain dan akhirnya bola dan kain akan sama-sama jatuh tanpa besentuhan, kecuali jika settingan berat dari kain di set sangat ringan maka kemungkinan bola dan kain akan bertabrakan.

Tapi disini kita menggunakan transform agar 4 titik disudut plane tetap konstan. Disini kita hanya berlatih tentang simulasinya, soal display mungkin sobat bisa tambahkan tali pada ujung kainnya, agar lebih menarik. Oke kembali ke topik, caranya adalah pilih plane, klik kanan tahan, pilih vertex. Seleksi keempat vertex yang berada di pinggir.
Kemudian pada submenu nDynamic pilih nConstraint > Transform. Seperti gambar di bawah ini.

5. Bola dijadikan Sebagai Passive Collider dan Menerapkan Gravity Pada Bola

=>Pilih Bola(sphere) yang tadi kita buat, pada menu nMesh > Create Passive Collider.
Akan tampak seperti ini
  
=>Masih dalam kondisi bola terselect, pada menu field > Gravity. Seperti gambar berikut. Gravity diterapkan gar bola jatuh.

6. Atur time sider menjadi 400 kemudian tekan enter. 

Tekan tombol play, maka bola akan jatuh, tapi kain belum robek.

7. Membuat kain menjadi Robek

Caranya adalah dengan pilih face pada tengan plane (face yang akan dirobekkan) => pilih plane > klik kanan tahan > pilih face > seleksi face yang akan dirobekkan. Disini saya akan menggunakan sisi tengah yang akan robek seperti gambar berikut ini.
 

Agar sobat dengan mudah menselect face dari sisi atas dari view, tekan spasi pada lembar kerja, sorot mouse pada bagian top view, kemudian tekan spasi lagi. Kita dapat dengan mudah memilih face yang berada pada top view, setelah selesai memilih tekan spasi lagi, maka akan kembali ke perspective view.
=>Setelah itu masih pada nDynamic > nConstraint > Tearable Surface.

8. Mainkan dengan megeklik tomblol play pada time slider, maka akan terlihat bola jatuh kemudian mengenai kain, dan kainpun akan robek.


Agar kain lebih terlihat real, coba sobat explore pada bagian attribute editor pada plane dengan menekan Ctrl+a pada keyboard, kemudian atur pada bagian-bagian settingan dari tekanan dan lain-lain.
Semoga bermanfaat  ^_^

0 Response to "Tutorial Simulasi Bola Jatuh Mengenai Kain Kemudian Robek Menggunakan Autodesk Maya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel